Rumah Komponis Ternama Beethoven

Saturday, June 4, 2016

Musik karya komponis kenamaan Beethoven terkenal di seluruh dunia. Tapi rumah tempat komponis itu lahir kurang dikenal. Rumahnya yang sekarang menjadi museum, menyimpan koleksi terbesar yang berkaitan dengan Beethoven.
Beethoven-Haus di Bonn

Berdasarkan sejumlah dokumen autentis yang sangat mengesankan, hidup Beethoven jadi dapat lebih mudah ditelusuri dan dipahami. Demikian halnya dengan karya-karyanya. Bagi penggemar Beethoven dari berbagai negara, dan juga bagi orang lain, rumah yang berdiri di jalan kecil bernama Bonngasse di kota Bonn adalah monumen yang sangat berharga.
Sepintas Tidak Istimewa
Jika orang melihat hanya sepintas, tampaknya tidak istimewa. Padahal itulah rumah tempat kelahiran sang komponis besar Ludwig van Beethoven. Di depan rumah yang terletak di jalan Bonngasse no. 18-26 itu sering terlihat pengunjung dan turis berkumpul. Rumah itu adalah salah satu rumah warga kota dari abad ke 18 yang masih berdiri di kota Bonn.
Patung Beethoven di tengah taman Beethoven-Haus

Tembok depan yang terbuat dari batu dengan gaya Barock didirikan di atas ruang bawah tanah yang sudah digali dari abad 12 atau 13 lalu. Ludwig van Beethoven lahir di dalam salah satu kamar kecil di bagian loteng, di bulan Desember tahun 1770. Demikian diceritakan pemimpin museum Michael Ladenburger. Selain itu Ladenburger juga memberikan keterangan untuk beberapa benda yang dipamerkan.
Benda-Benda Bersejarah
Salah satu benda bersejarah yang dipamerkan di Beethoven-Haus adalah piano yang terakhir dimiliki Beethoven. Ini adalah jenis piano yang disebut Hammerflügel. Beethoven memperoleh piano ini satu setengah tahun sebelum ia meninggal. Piano ini dibuat Konrad Graf. Di Jaman Beethoven Konrad Graf adalah pembuat piano paling terkenal di Wina. Instrumen ini sudah disimpan di Beethoven-Haus sejak 1889.

Piano Beethoven yang dibuat Konrad Graf tahun 1826

Karena kota Bonn tidak tertarik untuk membeli rumah tersebut, akhirnya tahun 1889 sejumlah orang mendirikan perkumpulan yang disebut Perkumpuan Beethoven-Haus. Tujuan mereka adalah mengumpulkan dana untuk membeli rumah tersebut dan menjadikannya tempat peringatan dan museum. Sekarang, wisatawan berdatangan dari seluruh penjuru dunia untuk melihat rumah tersebut, dan barang-barang yang dipamerkan. Misalnya seorang pengunjung yang menceritakan, ia kedatangan tamu dari Georgia, dan Beethoven-Haus menjadi tujuan wisata pertama yang ingin dikunjungi tamunya.
Rumah dan Isinya Yang Bersejarah
Sebagian besar bagian bangunan rumah Beethoven masih berasal dari paruh kedua abad ke 18. Untuk memperoleh ruangan-ruangan museum yang agak besar, bagian depan rumah itu diubah. Tanggal 10 Mei 1893 Beethoven-Haus dibuka untuk umum dengan perayaan besar, dalam rangka sebuah festival untuk jenis musik yang dimainkan di ruangan kecil, yang disebut Kammermusik. Di dalam rumah tersebut lapisan lantai di koridor tetap berasal dari masa Beethoven. Lapisan lantai yang terbuat dari kayu itu berderak-derak jika orang lewat. Selain itu penopang langit-langit dari balok-balok kayu yang indah juga dipertahankan.

Salah satu lembaran not dengan tulisan tangan Beethoven

Kumpulan tulisan tangan Beethoven, gambar-gambar, instrumen musik dan benda-benda kenang-kenangan lain menjadi isi utama koleksi Beethovenhaus. Beberapa waktu setelah Perkumpulan Beethoven-Haus didirikan tahun 1889 sejumlah barang milik Beethoven sudah berhasil dibeli dan dikumpulkan. Misalnya piano terakhir yang dimiliki Beethoven, seperti ditunjukkan direktur museum Michael Ladenburger. Selain itu, juga partitur tulisan tangan karya terkenal Beethoven yang berjudul Moonlight Sonata, atau juga Simfoni Nomor 6 yang dikenal dengan sebutan "Pastoralsymphonie".

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment