Bangunan Bersejarah di sekitar Sungai Gangga India

Saturday, June 4, 2016

1. Dashashwamedh Ghat

Namanya berarti tempat Brahma mempersembahkan (medh) 10 (das) kuda (aswa). Merupakan ghat utama yang paling ramai dikunjungi dan penuh dengan warna kebudayaan Hindu. Saban hari, di sini dilakukan upacara penyembahan Gangga Aarti setiap pukul 7 malam.


Aarti Ceremony merupakan sebuah upacara penyembahan kepada dewa-dewa dengan menggunakan berbagai alat pembakaran, seperti dupa ataupun nampan bersumbu api dengan berbagai macam bentuk. Sebelum prosesi penyembahan dilakukan, alat-alat seperti dupa dan nampan bersumbu direndam di dalam ghee mentega yang telah disucikan terlebih dahulu.

Kemudian, dupa dan nampan-nampan ini dinyalakan dengan api secara bergiliran dan digerakkan secara bersama-sama kea rah tertentu. Lagu-lagu penyembahan kepada dewa-dewa dan bunyi lonceng tak henti-hentinyan mengiringi prosesi ini.

Penyembahan ini dimaksudkan untuk memberikan penghormatan yang penuh kerendahan hati dan rasa syukur pada para dewa sehingga penganut Hindu yang setia bisa menyatukan diri dalam bentuk ilahi dengan dewa. Penyembahan ini melambangkan lima unsur, yaitu ruang (akash), angina (vayu), chaya (tej), air (jal), dan bumi (pruthvi). Aarti Ceremony dilakukan oleh lima orang lelaki yang membakar tiap nampan dan melambaikan nampannya ke arah utara, selatan, barat, dan timur secara bersamaan.

2. Assi Ghat


 
Teletak di bagian paling selatan sungai gangga. Merupakan salah satu ghat yang terkenal karena di sini titik bertemunya Sungai Assi dan Sungai Gangga. Kebanyakan orang ke tempat ini untuk menyembah Shiwa Lingam di bawah pohon pipal.

3. Tulsi Ghat




Diambil dari nama seorang seniman puisi Hindu yang terkenal pada abad 16. Pada bulan Kartika yang jatuh Oktober atau November, sebuah festival untuk penyembahan terhadap Krishna dilakukan di sini.

4. Shivala Ghat

 

Ghat yang dibangun oleh Maharaja Banares.

5. Harischandra Ghat


 

Merupakan salah satu ghat tertua yang ada di Varanasi dan burning ghat terbesar kedua setelah Manikarnika Burning Ghat. Pelaksanaan kremasi biasanya dilakukan di ghat ini.

6. Kedhar Ghat


 

Terdapat temple yang terkenal sebagai tempat berdoa untuk orang-orang Bengali dan India Selatan.

7. Mansarowar Ghat


 

Dibangun oleh Raja Man Singh dari Amber dan dinamakan sesuai dengan nama sebuah danau di Tibet yang berada di kaki gunung Kailash.

8. Someswar Ghat

Disebut juga dengan nama lain Lord of The Moon Ghat, dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

9. Meer Ghat


 

Tempat terletaknya Nepalese Temple yang bangunannya dihiasi ukiran erotis.

10. Manikarnika Ghat




Merupakan ghat utama tempat upacara pembakaran jasad dilaksanakan.

11. Schindia Ghat

 

Dibangun sangat megah dan indah pada 1830, tetapi konstruksi bangunannya saat ini runtuh ke dalam Sungai Gangga.

12. Ram Ghat
 

Dibangun oleh Maharaja Jaipur.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment